Kamis, Agustus 27, 2009

SELF: Membangkitkan kesadaran pembaca untuk meraih hidup sukses secara praktis, rational dan aplikatif

Dalam menetapkan wujud sukses, maka Anda haruslah mulai belajar “melupakan diri” Anda, sehingga Anda terfokus kepada tujuan-tujuan Anda, bukan memfokuskan kepada sasaran ego Anda. Bila Anda memfokuskan kepada sasaran ego Anda, maka secara alamiah akan melahirkan rintangan / konflik bathin serta berbagai kekhawatiran dan ketakutan, yang akan berakibat kepada tidak terwujudnya “tujuan Anda.” Sebaliknya bila Anda “melupakan diri” Anda, dan terfokus kepada tujuan Anda akan melahirkan “ multi dukungan” dari dalam diri sendiri, orang lain dan Alam semesta secara alamiah, bahkan ketika anda sudah mencapai “ tujuan Anda” anda sendiri pun tidak menyadarinya, tahu-tahu anda sudah ada disitu, demikianlah kenyataannya.

“ Apa yang kamu kehendaki, ( tidak dapat terlaksana ) kecuali dengan kehendak Allah jua.”
( QS.Al-Insan [76]:30 )

Untuk mengendalikan dan mengelola hidup sukses berdasarkan Al-Qur’an mengikuti Manajemen Ilahiyyah, penulis berpendapat dan berkeyakinan dengan menggunakan Istilah Manajemen Ilahiyyah sebagai upaya dan usaha penulis mencontoh seluruh tata cara yang telah dilakukan dan di contohkan oleh Rasulullah SAW, yakni mengendalikan dan mengelola hidup sukses dengan memahami, mengetahui dan menyadari potensi-potensi Diri sebagai kelengkapan yang diamanatkan oleh Yang Maha Pencipta kepada umat Manusia, untuk dikelola secara tepat dan benar, untuk mencapai tujuan yang hakiki.
Landasan yang menjadi referensi penulisan buku ini, tentunya haruslah berasal dari sumber yang tepat dan benar, sehingga keakuratannya Mutlak benar adanya yakni , Al-Qur’an sebagaimana Firman Allah SWT :

“Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al Kitab ( Al Qur’an ) ini untuk Manusia dengan membawa kebenaran, siapa yang mendapat petunjuk maka untuk Dirinya sendiri dan siapa yang sesat maka semata-mata buat Dirinya sendiri dan kamu sekali-kali bukanlah orang yang bertanggung jawab terhadap mereka”.
(QS Az Zumar – Rombongan [39] : 41 )

Dan terkait istilah ‘hidup sukses’ Al-Qur’an telah menjelaskan dengan sangat rinci, tidak ada keraguan didalamnya sebagai berikut, Firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah [2]: 5 :

……….dan merekalah orang-orang yang BERUNTUNG ( SUKSES ).

Ini landasan atau referensi yang dijadikan acuan penulis dalam menjabarkan ‘pesan-pesan’ Ilahiyyah untuk umat Manusia bagaimana ‘mengendalikan dan mengelola Diri hidup sukses’ secara ‘integrated’, saat ini dan nanti.
Maksud dari buku ini adalah Hidup sukses secara hakiki, bukan hidup sukses seolah-olah.
Untuk keperluan tersebut Penulis dengan segala kerendahan hati dan memohon petunjuk dari Zat Yang Maha Mutlak, memberanikan Diri mengupas tuntas pesan-pesan Ilahiyyah tersebut di atas dengan menggunakan ‘kejernihan pikiran dan kebeningan hati’ penulis serta berbagai pendekatan pengetahuan dan bahan bacaan penulis yang terbatas, baik Al-Qur’an sendiri maupun Al-Hadist, dan tidak ketinggalan referensi dari penulis-penulis ‘Barat dan Timur’, yang bersesuaian dengan sunatullah ( hukum-hukum Allah ).

Tidak berlebihan bila penulis berharap, buku ini akan menjadi modul dalam kegiatan “training yang memang tidak dapat dipisahkan dari maksud penulisan buku ini” yakni memberikan pengetahuan, pemahaman dan membangkitkan kesadaran pembaca untuk meraih hidup sukses secara praktis, rational dan aplikatif- dengan hasil ahir akan terbentuk “al insan al kamil “ yakni Manusia yang rahmatan lil’alamin, dengan tidak tersekat oleh berbagai latar belakang, yang terpenting siapa saja yang memahami dan menyadari betapa urgensinya buku ini untuk diketahui akan merubah hidup dan kehidupan, yang benar-benar seperti terlahir kembali, dan yang paling penting buku ini akan mampu menjawab :

• Bagamana caranya hidup sehat ?
• Bagaimana caranya hidup bermanfaat ?
• Bagaimana caranya hidup sukses secara lahir dan bathin ?
• Bagaimana caranya menghadapi berbagai persoalan kemanusiaan ?
• Bagaimana caranya menyelesaikan berbagai problem secara instan ?
• Bagaimana caranya merealisasikan berbagai keinginan ?
• Bagaimana caranya menjalani hidup secara well organized ?
• Bagaimana caranya “tidak ada pertanyaan bagaimana lagi?”

Pertanyaannya, buku ini terkesan seperti ‘ menyelesaikan masalah tanpa masalah ‘ Apakah benar adanya ? Mengapa penulis sedemikian yakinnya? Bukti-bukti apa saja yang akan disajikan ? Siapa-siapa saja yang sudah mengelola hidup sukses ? Mengapa penulis memakai istilah “MANAJEMEN ILAHIYYAH ” dalam mengelola hidup sukses ? Apakah ‘Kita’ (anda dan saya ) dapat merealisasikannya ? Kenapa demikian ? Ini adalah pertanyaan yang sehat dan jujur.
Adalah menjadi ‘cita-cita’ semua orang untuk hidup sukses dalam menjalani hidup dan kehidupan saat ini dan nanti, namun kebanyakan orang tidak mengetahui, sebagai bukti banyak dari orang-orang keliru dalam menafsirkan arti sukses, sebagai misal :
• Ada yang menjadi ukuran sukses itu adalah kelimpahan materi; meskipun harus merampas hak-hak orang lain, dengan korupsi misalnya atau berbisnis dengan menghalalkan segala cara dengan merugikan orang lain.
• Ada yang menjadi ukuran sukses itu adalah Kekuasaan; meskipun harus melakukan money politic misalnya atau mengumbar janji, menipu rakyat, menjual simbol-simbol suci atau menindas rakyat.
• Ada yang menjadi ukuran sukses itu adalah ‘menjauhi dunia’ tenggelam dalam ritual-ritual untuk mencari ketenangan bathin; tapi untuk memenuhi hajat hidup Diri dan keluarganya, menunggu ‘belas kasihan’, sedekah dan sumbangan, sungguh merendahkan Dirinya sendiri.
• Dan berbagai bentuk dan wujud ‘ hidup sukses seolah-olah’ lainnya;

Buku ini tidak menjelaskan bentuk dan wujud “hidup sukses seolah-olah “ seperti tersebut di atas, tetapi buku ini ditulis untuk mengendalikan dan mengelola potensi Diri untuk hidup sukses dalam berbagai aspek hidup dan kehidupan saat ini dan nanti secara alamiah menuju keterwujudan tujuan hakiki, yang bersinergi dalam keharmonisan, secara nyata dan terukur.
Tidak disangsikan lagi bahwa Anda memang ada keinginan untuk merobah nasib anda ‘secara nyata’, mengapa ? faktanya Anda memilih buku ini dan Anda mulai membolak-balik dari a-z nya, kata demi kata, kalimat demi kalimat berulang-ulang, penuh perhatian, sungguh Anda menikmatinya, meresapinya dan melahirkan kesadaran baru, benar-benar kesadaran baru. Anda termasuk yang beruntung, dan secara alami, Anda ada keinginan untuk berbagi pengetahuan ini kepada orang lain, mulia bukan ?
Kita menemui hampir kebanyakan orang, mereka ada upaya untuk mengembangkan kehidupan yang berhasil, namun mereka tidak menyadari dan mengenal potensi-potensi Dirinya masing-masing bahwa seluruh umat Manusia tanpa membeda-bedakan Agama, suku bangsa, jender, warna kulit , status sosial, usia dan keturunan, memiliki potensi Diri yang sama sebagai kelengkapan untuk hidup sukses tanpa kecuali. Anda mulai menyadari dan mulai mengenal hal itu !.
Penulis percaya bahwa anda tidak termasuk kategori ‘melupakan potensi dahsyat’ tersebut, hal ini terbukti Anda dengan penuh antusias untuk terus mengetahui, memahami dan menyadari ‘potensi Diri’ Anda bahkan tidak berlebihan bila dikatakan , ada keinginan Anda untuk menjadikan “ buku ini” sebagai “ buku yang menyadarkan dan membangunkan” Diri Anda untuk mengendalikan dan mengelola hidup sukses : “mewujudkan berbagai tujuan secara nyata.”
Renungkanlah hal ini :”Pahami dan sadarilah potensi Diri Anda, lalu kendalikan dan kelolalah hidup ini secara tepat dan benar, maka tanpa disadari atau secara otomatis anda sudah melangkah menuju hidup yang benar. Anda akan hidup benar dalam kebahagiaan. Anda akan hidup menggairahkan dalam unjuk kerja yang optimal dan memuaskan. Anda akan bersyukur atas berbagai anugerah dan karunia : Kesehatan, Kekayaan, Kekuasaan, Kecerdasan, Kearifan, Kemuliaan, Penghargaan, Kasih sayang dan Cinta. Anda mendapatkan segalanya. Hidup sukses, keberlimpahan secara nyata - bagi Anda yang menghendakinya.”
Tidak ada istilah terlambat dalam memperbaiki nasib Diri untuk menjalani hidup sukses, karena hal ini adalah menjadi hak setiap Diri untuk menggenggamnya, mulailah sekarang, saat ini juga, untuk menemukan jawaban sekaligus tindakan ‘metafisik’ bagaimana mengelola potensi Diri untuk hidup sukses ‘secara hakiki’ lahir dan bathin, dan secara sistematis buku ini akan menuntun Anda, menuju keterwujudan tujuan.
Pahami dan sadarilah informasi yang maha penting dari Yang Maha Mutlak, Allah SWT dalam firman-Nya :

”Bagi Manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.
Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan suatu kaum, sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

Dan Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung selain Dia.”
( QS Ar Ra’d-Guruh [13]:11



Tidak ada komentar:

Posting Komentar