Kamis, Agustus 27, 2009

Al Qur’an Diturunkan Allah Untuk Mengatur Manusia

Al Qur’an Diturunkan Allah Untuk Mengatur Manusia

Mengapa perlu aturan Ilahiyah?

Mahluk yang namanya Manusia, sejak sejarah Manusia pertama nabi Adam AS., memiliki ‘banyak potensi’yang akan mengarahkannya kepada dua arah, yakni menjadi golongan pertama adalah Manusia yang taat , tunduk dan patuh dan golongan yang kedua adalah Manusia yang menyombongkan Diri, mengikuti karakter iblis, yang merasa Dirinya serba paling, sehingga berani menentang perintah atau aturan Ilahiyah.

Dan prosesi ini akan terus-menerus berlangsung hingga ahir zaman, demikianlah kondisi yang akan dihadapi oleh Manusia, yakni ada yang taat, tunduk dan patuh sebaliknya ada Manusia yang menyombongkan Diri. Hal ini sesuai dengan yang dapat kita saksikan dari waktu ke waktu, demikanlah adanya. Sehingga Manusia itu haruslah hanya memiliki ketaatan semata-mata hanyalah kepada-Nya, dengan memurnikannya ta’at itu sendiri, bukan seolah-olah ta’at-namun bersamaan itu juga ‘ada dalam ketaatan terhadap hawa nafsu’, inilah Manusia yang akan di perlakukan Allah SWT, sebagaimana terhadap Iblis beserta pengikutnya, Allah SWT berfirman :

“Kitab ( Al Qur’an ) ini diturunkan oleh Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana ; Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu dengan kebenaran maka sembahlah Allah ! dengan memurnihkan keta’atan kepada-Nya.”
( QS Az Zumar – rombongan [39] : 1 – 2 )

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar diberi Al Qur’an dari sisi yang Maha Bijaksana lagi Maha mengetahui.”
( QS An Naml – semut [27] : 6 )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar